Nama : Elisa Aryanti Puspita Putri
Nim : 12200108
Kelas : 12.4b.05
Nim : 12200108
Kelas : 12.4b.05
1. Teknik Model dan Artificial Intelligence
yaitu akan ada tenik penyelesaian untuk setiap permasalahan yang berbeda. dimana teknik itu akan didasari kepada kemampuan untuk memanipulasi symbol ( create , modification , reproduction , and destruction )
hal ini lain harus dipahami adalah bahwa kecerdasan memerlukan pengetahuan dimana pengetahuan memiliki karakteristik antara lain :
a. Sangat luas
b. Sulit didefinisikan dengan tepat
c. Selalu berubah
d. dapat memiliki arti berbeda dengan tergantung kapan digunakan
beberapa teknik AI dapat dikelompokan secara umum kedalam beberapa kelompok , diantaranya
a Search ( pencarian ) yaitu tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan makan pindahkan kerangka kerja kepada teknik langsung
b. Use of Knowledge ( penggunaan pengetahuan ) yaitu lebih mengoptimalisasi struktur dari objek yang terkait dengan masalah terebut
c. Abstraction yaitu menyediakan cara untuk memilih / memisahkan keterangan dan variasi yang penting dari sekian banyak cara tidak penting
2. Model - Model Artificial Intelligence
a. Natural Language Prosessing ( NLP ) , yaitu mempelajari bagaimana bahasa alami itu diolah sedemikian hingga user dapat berkomunikasi dengan komputer.
konsentrasi ilmu adalah interaksi antara komputer dengan bahasa natural yang digunakan manusia
jenis aplikasi yang bisa di buat dalam bidang ilmu natural language processing menjadi 2:
- . Text - based application
- . Dialogue - based application
contoohnya : aplikasi bawaan pada brand elektronik tertentu , google penerjemah , voice note
b. Computer Vision , yaitu berkaitan dnegan pembangunan arti / makna dari image ke objek secara fisik untuk memperoleh , melakukan proses , menganalisa dan memahami image yang mampu mnghasilkan sebuah visual intellegence system
contohnya : X-ray ( computer visin ) , Drone ( computer vision ) , Deteksi rudal , CCTV
c. Robotika dan Sistem Navigasi , yaitu mempelajari bagaimana merancang robot yang berguna bagi industri dan mampu membantu manusia, bahkan nanti akan menggantikan fungsi manusia . untuk melakukan hal tersebut robot di perlengkap dengan actuator seperti lengan , roda , kaki dll . yang kemudian dilengkapi dengan sektor yang mampu menerima dan bereaksi terhadap environment mereka
contohnya : Robot asimo honda , Robot ITS , Robot UMM , Robot 6 Axis .
d. Game Playing , yaitu untuk merancang dan menghasilkan game yang fun serta antarmuka antara man-machine yang cerdas dan menarik untuk dimainkan . untuk pembentukan artificial intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma , yaitu jenis pohon n-ray untuk suatu struktur.
contohnya : Catur , X-man
e. Sistem Pakar ( expert system ) , dengan sistem ini permasalahan yang seharusnya hanya bisa diselesaikan oleh para pakar/ahli , dapat diselesaikan oleh orang biasa/awam
contohnya : Aplikasi hasil diagnosa hama dan penyakit , SP diagnosa sapi , data basis aturan penyakit.
3. Tingkatan Model
- . Program kelas pertama , mencoba menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak persis benar dengan definisi kita tentang AI . program yang termask kelas ini menggunakan algoritma dan mekanisme yang mudah dan sederhana untuk dilakukan oleh komputer tetapi biasanya sulit dan tidak menarik untuk dilakukan oleh manusia .
contoh : Elementary preceiver and memorizer ( EPAM )
- . Program kelas kedua , berupaya memodelkan kemampuan menusia dalam melakukan sesuatu yang berarti program pada kelas ini lebih mendekato kepada definisi tentang AI , yang berarti menjadi tidak mudah bagi komputer .
4. Kriteria Sukses
Satu orang bertindak sebagai penanya yang berada di tempat terpisah dengan orang kedua dan mesin
penanya dapat bertanya kepada orang kedua atau mesin dengan mengetikan pertanyaan dan menerima jawaban dalam bentuk ketikan juga . penanya tidak tahu yang mana orang yang mana mesin hanya si A dan si B , yang dilakukan oleh penanya dengan pertanyaan adalah memnetukan mana yang orang , mana yang mesin
Tujuan dari test ini adalah mengelabui sipenanya sehingga menganggap mesin sebagai orang , caranya adalah membuat mesin tidak selalu menjawab benar dan menunda waktu menjawab . Untuk lulus test ini bukan jawaban yang benar atau tepat untuk tiap pertanyaan sehingga mesin tidak harus menjadi lebih cepat dan benar dalam menjawab setiap pertanyaan untuk dinyakatakan sebagai orang cerdas
5. Potensi Manusia
1). Potensi Kecerdasan
✓ Kecerdasan Spiritual
✓ Kecerdasan Logika - Matematika
✓ Kecerdasan Intrapersonal
✓ Kecerdasan Musikal
✓ Kecerdasan Natural
✓ Kecerdasan Badan (Body) -Kinestetik
✓ Kecerdasan Interpersonal
✓ Kecerdasan Linguistik – Auditorial
✓ Kecerdasan Spasial - Visual
2). Potensi diri terhadap 4 elemen
✓ Menerima diri
✓ Merumuskan Cita-cita
✓ Berinteraksi dengan lingkungan
✓ Mencari dan menciptakan pengalaman baru
Komentar
Posting Komentar